Sabtu, 10 Januari 2015

Tugas Arsitektur Lingkungan 7

Konsep Pembangunan Kota 

Berwawasan Lingkungan




Konsep Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah suatu upaya terencana dalam menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana guna meningkatkan kualitas hidup.Maka pembangunan itu harus memperhatikan lingkungan sejak mulai pembangunan di rencanakan sampai pada waktu operasi pembangunan. 

Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan : 1) Pembangunan dilaksanakan berdasarkan nilai kemanusian. 2) Pembangunan yang memperhatikan lingkungan fisik (ramah lingkungan) alam dan lingkungan sosial. 3) Pembangunan yang mencerminkan usaha peningkatan produksi nasional berupa tingkat laju pertumbuhan ekonomi yang positif. 4) Pembangunan yang dapat memperluas kesempatan kerja untuk menampung masuknya golongan usia kerja baru dalam kehidupan ekonomi. 5) Pembangunan yang bertujuan menuju pemerataan atau keseimbangan pendapatan antar golongan dan antar daerah6) Pembangunan yang memiliki usaha terus menerus menjaga stabilitas ekonomi dan sosial, budaya, politik, dan keamanan 

Tujuan Dan Prinsip Pembangunan Berwawasan Lingkungan ini bertujuan membangun kualitas SDM yang mampu menyelaraskan tanggung jawab moral dengan strategi pembangunan berwawasan lingkungan. Prinsip pembangunan berwawasan lingkungan adalah pendayagunaan sumber daya alam sebagai pokok kemakmuran rakyat yang dilakukan secara terencana, bertanggungjawab, dan sesuai daya dukungnya dengan mengutamakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat serta memperhatikan kelestarian fungsi dan keseimbangan lingkungan hidup bagi pembangunan berkelanjutan (sustainable).

Alasan Munculnya Pembangunan Berwawasan LingkunganMenurut J. Barros dan J.M. Johnston dalam , menyebutkan bahwa munculnya pembangunan berwawasan lingkungan erat kaitannya dengan aktivitas pembangunan yang dilakukan manusia, antara lain: 
1. Kegiatan-kegiatan Industri 
2. Kegiatan Pertambangan 
3. Kegiatan Transportasi 
4. Kegiatan Pertanian 

Kesimpulannya Jadi, Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya. 



sumber : http://www.slideshare.net/khadijahakdputriyaroto/konsep-pembangunan-berwawasan-lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar