Selasa, 06 Januari 2015

Tugas Arsitektur & Lingkungan 6

KONSTRUKSI BERKELANJUTAN 

( RAMAH LINGKUNGAN )


Konstruksi berkelanjutan adalah suatu konsep yang ditawarkan oleh pelaku di industri konstruksi untuk menjawab tantangan akan kebutuhan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di sektor infrastruktur dan konstruksi. Pembangunan berkelanjutan sendiri merupakan konsep pembangunan yang ditujukan untuk menyediakan kualitas kehidupan yang lebih baik untuk semua orang saat ini dan untuk generasi mendatang. Pembangunan berkelanjutan mencakup tiga aspek pembangunan, yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan. 


Dalam implementasinya, pembangunan berkelanjutan sering ditekankan pada pencapaian aspek pelestarian lingkungan dengan pertimbangan aspek ekonomi dan sosial telah terpenuhi secara umum, pendekatan ini sering diistilahkan dengan ‘hijau’ atau ‘green’. Tantangan-tantangan yang dihadapi setiap negara berbeda tergantung sejauh mana negara tersebut telah berkembang. Untuk Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, aspek sosial dan ekonomi tetap memegang peranan penting. Untuk itu pembangunan berkelanjutan yang dilakukan di Indonesia, adalah pembangunan yang digerakkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemapanan sosial namun tetap ramah terhadap lingkungan sekitarnya. 


Konstruksi berkelanjutan adalah sebuah strategi untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan pada industri konstruksi dan infrastruktur. Industri konstruksi mempunyai peran dalam mensukseskan pembangunan berkelanjutan dengan membangun kualitas hidup yang lebih baik dan dengan lebih kompetitif serta menguntungkan, menyajikan kepuasan, kenyamanan, dan nilai lebih untuk pemilik dan pengguna, melindungi lingkungan, serta meminimalisasi penggunaan sumber daya dan energi. Dengan demikian, konstruksi berkelanjutan akan dapat menciptakan dan mengoperasikan bangunan yang ramah lingkungan dengan penggunaan sumber daya alam yang efisien dan menggunakan rancangan yang memperhatikan ekologi. Dalam hal ini industri konstruksi harus dilihat sebagai sebuah sistem yang terdiri dari berbagai proses yang saling terkait mulai dari proses pemrograman, perencanaan, perancangan, pelaksanaan konstruksi, dan pemanfaatan, pemeliharaan, serta dekonstruksi dengan banyak pihak yang terkait (rantai pasok) antara lain pemilik, pengguna dan penyedia jasa. 


sumber http://103.12.84.196:81/sikbi/Pages/KonstruksiBerkelanjutan/KB/Definisi.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar