Kamis, 24 Oktober 2013

Kesimpulan Tugas ISD



Kesimpulan Unsur-unsur Kebudayaan
       
 Kesimpulan yang dapat diperoleh dari materi ini adalah bahwa apabila kita ingin melestarikan suatu kebudayaan terutama budaya Indonesia, solusi yang paling tepat yaitu dengan cara tidak menutup kesempatan sama sekali dengan interaksi budaya luar karena dengan adanya hal ini kita dapat mengikuti perkembangan zaman. Agar kebudayaan kita bergerak dinamis tidak menganut kebudayaan yang kolot. Hal ini dilakukan untuk dapat menambah minat generasi muda Indonesia saat ini.



Kesimpulan Peran Keluarga terhadap Pembentukan Individu dalam Peranan sebagai Anggota Masyarakat

Dari materi ini dapat disimpulkan bahwa keluarga merupakan satuan sosial yang paling dasar dan terkecil di dalam masyarakat. Peran sebuah keluarga sangatlah besar dan penting untuk membentuk seorang individu yang akan tergabung dalam kehidupan bermasyarakat dengan perilaku baik dan bertanggungjawab. Karena sesungguhnya manusia sudah ditakdirkan sebagai makhluk sosial.
Pendidikan di lingkungan keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dan fundamental dalam rangka pembentukan kepribadian individu. Dengan pendidikan yang baik, terarah dan berkesinambungan akan menghasilkan pribadi-pribadi yang kuat, tegas dan bertanggung jawab.

Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
  1. Orang tua harus membimbing anak dalam belajar, kalau berhasil berilah hadiah atau pujian dan bila lengah berilah teguran sehingga anak merasa diperhatikan.
  2. Arahkan anak dalam memilih pergaulan jangan sampai salah memilih pergaulan.
  3. Didiklah anak yang meliputi pendidikan agama, akhlak, jasmani, dan pendidikan sosial.
  4. Orang tua hendaknya membantu anak dalam perkembangan kepribadiannya, arahkanlah pada hal-hal yang positif sehingga anak mempunyai kepribadian yang cakap, kuat, tegas, dan bertanggung jawab.


Kesimpulan Pencampuran Budaya di Masyarakat

          Di era Globalisasi saat ini lumrah adanya dan dapat banyak kita ketahui bersama berbagai macam pencampuran budaya terutama di Indonesia. Tentu saja banyak Pro dan Kontra yang mengiringi adanya masuknya kebudayaan asing ini. Dan budaya Indonesia yang menganut budaya ketimuran tentu sangat jauh berbeda dengan budaya barat. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pencampuran budaya anatara keduanya. Pencampuran budaya ini dapat memiliki efek positif dan efek negative. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa tentu saja sudah pandai dalam memilah mana hal baik dan mana hal yang buruk untuk kita,karenanya untuk itu efek positif dari pencampuran budaya ini lah yang harus kita terima dan membuang jauh-jauh efek negative dari pencampuran budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar